Posted by : Unknown Selasa, 25 Maret 2014

Kota medan adalah kota ketiga terbesar di Indonesia setelah jakarta dan surabaya dan sebagai pintu gerbang utama untuk indonesia bagian barat.
Medan telah berkembang menjadi kota Metropolitan sejak zaman kolonial Belanda, melalui berbagai produk potensial perkebunan yang diekspor ke mancanegara.

Tempat-tempat Wisata di Medan yg patut dikunjungi:

  1.  Kantor Pos Medan
    merupakan bangunan yang bersejarah dibangun tahun 1911 oleh SNUF, seorang arsitek dan Direktur Pekerjaan Umum Belanda untuk Indonesia pada waktu itu.
  2. Bank Indonesia
    Bank pertama di Medan adalah "De Javasche Bank" gedung bank Indonesia sekarang sudah berubah fungsi, mulai di bangun pada tahun 1907 dan bertanggung jawab atas peredaran mata uang Spanyol Dolar dan mengubahnya ke mata uang Belanda.
  3. Balai Kota Medan
    Balai kota medan merupakan bangunan tertua Medan. didirikan pada tahun 1908 dan digunakan pertama kali oleh Baron Mackey tahun 1918. Walikota medan pada saat itu. Bangunan ini bernilai arsitektur yang sangat menarik.
  4. Istana Maimun
    istana Maimon didirikan pada tahun 1888 oleh Sultan Maimun Al Rasyid dan dirancang oleh arsitek Belanda Captain Th.Van Erop yang bekerjasama untuk KNIL. Rancangan istana mencerminkan budaya melayu dan gaya india muslim pada saat itu. Istana terdiri dari satu bangunan utama dengan dua bangunan sayap. bangunan Utama terdiri dari dua lantai, 82 batu pilar dan 43 Pasak kayu besar. keseluruhan luas istana adalah 2.772 meter2.
  5. Gereja Tertua (GPIB Immanuel)
    merupakan gereja tertua di Medan, berlokasi di Jl. Diponegoro yang dibangun pada tahun 1921. sampai sekarang, gereja ini masih digunakan umat Nasrani sebagai pusat peribadatan seperti Natal,Paskah dll. Gereja tua lainnya adalah gereja roma katolik di jalan pemuda, yg dibangun tahun 1929.
  6. Vihara Gunung Timur
    Merupakan vihara budha tertua yang dibangun pada tahun 1962. secara umum, umat budha berdoa di kuil ini sehari-hari.
  7. Tjong A Fie Mansion
    adalah sebuah nama bangunan bergaya Tiongkok kuno yang fantastic, yang dibangun pada tahun 1900, berlokasi di jalan Jend. Ahmad Yani. nama Tjong A Fie sendiri merupakan nama seorang jutawan di Sumatera yang meninggal tahun 1921. kelihaian nya berbisnis membuat tjong a fie memiliki hubungan yang erat dengan Sultan Deli dan juga otoritas Belanda pada saat itu. Hingga sekarang, rumah tersebut masih didiami oleh generasi Tjong a fie.
  8. Kuil Shri Mariamman
    Shri Marriamman Temple berlokasi di jalan Zainul Arifin (kampung keling atau disebut kampung madras) dan merupakan kuil tertua di medan yang dibangun pada tahun 1884 oleh umat hindu pada saat itu. kuil ini menjadi tempat peribadatan umum umat hindu dan kegiatan ritual laiinnya.
  9. Museum Sumatera Utara
    museum sumatera utara dibangun pada tahun 1946 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tahun 1982. museum ini memamerkan 6500 barang-barang bersejarah yaitu: Artefak-artefak budaya, perkakas dan pakaian tradisional seluruh sumatera utara, berada di jalan H.M Joni atau sekitar 4 km arah selatan dari pusat kota.
  10. Peternakan Buaya
    berlokasi di desa asam kumbang, tepatnya di kecamatan Medan Selayang atau sekitar 10 km dari pusat kota medan. kita dapat mengunjungi peternakan buaya sebanyak 2700 buaya yg terdiri dari berbagai usia. jam berkunjung dibuka pada jam 09.00 pagi - 17.00 sore
  11. Mesjid Raya
    dibangun pada tahun 1906 dan telah menjadi bagian warisan bersejarah Sultan Deli. masjid ini masih dimanfaatkan sebagai pusat peribadatan umat islam. beberapa ornamen yang menghiasi masjid didatangkan langsung dari Italia. Lokasi sekitar 200 meter dari istana Maimon.


Gereja Katolik India - Anna Velangkani


Istana Maimoon (Maimoon Palace)


Mesjid Raya 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © CS MEDAN - NORTH SUMATRA - -